Burayot Makanan Khas Tradisional Kota Garut

Berbicara tentang makanan khas garut itu banyak macamnya. Ada dorokdok yang paling terkenal dan ada juga dodol makanan khas kota Garut yang selalu populer. Serta masih banyak lagi makanan khas yang lainya. Namun yang akan menjadi perbincangan hangat kali ini adalah Burayot makanan khas tradisional kota Garut.

Burayot Makanan Khas Tradisional Garut
Burayot Makanan Khas Tradisional Garut

Burayot Makanan Khas Tradisional Kota Garut

Berbicara makanan khas tradisional, yang kemarin saya bahas pun yaitu Opak Bungbulang merupakan makanan khas tradisional kota Garut. Informaisnya bisa Anda akses DISINI!. Burayot merupakan makanan khas dengan rasa yang dominan manis. Makanan ini biasanya sangat disukai oleh orang tua. 

Namun tak jarang, anak-anak dan pemuda pun sangat menyukai makanan khas yang satu ini. Mengenai artinya sendiri, burayot berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti menggelantung. Nama tersebut diambil karena melihat proses pembuatannya yang menggelantung. 

Burayot ini pertama kali dibuat oleh masyarakat kota garut sendiri lebih tepatnya masyarakat di wilayah kecamatan leles, Kadungora Garut. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai makanan khas kota Garut ini ? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini !

Sekilas Tentang Burayot

Bukan hanya di kota Garut saja ternyata burayot ada, di Joga / Yogyakarta juga ada namun dengan nama yang berbeda yaitu adrem. Burayot ini dibuat dengan berbahan dasar Gula merah, tepung beras, kacang tanah dan juga minyak kelapa. 

Biasanya masyarakat yang asli Jawa Barat sangat suka dengan burayot ini. Cukup terkenal juga makanan ini hingga ke berbagai wisatawan mancanegara. Makanan ini bisa Anda temukan diberbagai pasar, seperti pasar kadungora, wanaraja dan lain2. Namun jika Anda sedang kebetulan berkunjung ke objek wisata Candi Cangkuang, Disana juga Anda dapat dengan mudah menemukannya. 

Makanan ini sangat nikmat disantap dikala masih anget atau panas. Dikala menjelang hari-hari besar islam kue ini biasanya banyak dibuat oleh masyarakat kota Garut. Terutama dikala menjelang lebaran tiba. Rasa kue burayot akan sangat enak dimakan dadakan dibandingkan saat Anda membeli yang sudah di kemas di toko-toko. 

Proses Pembuatan Burayot

Disini saya akan ajarkan Anda sedikit mengenai cara atau proses pembuatan kue burayot yang enak dan nikmat. 

Bahan - Bahan yang harus di Siapkan !

  • 1 kg tepung beras yang sudah di giling
  • 500 gr gula aren
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sumpit untuk menjepit

Langkah - Langkah

  • Langkah pertama Anda masak air bersamaan dengan gula aren yang telah disiapkan tadi. Tunggu hingga semua gulanya larut dalam air.
  • Tunggu sampai mendidih
  • Setelah mendidih, Anda matikan terlebih dahulu kompor. 
  • Masukan tepung beras sedikit demi sedikit
  • Setelah tercampur dan adonan sudah bisa di bentuk, bulat kan adonan (kira kira aja ya untuk ukuran nya)
  • Lalu pipih kan dan goreng d minyak panas setelah terapung balikan lalu jepit trngah nya pke sumpit 
  • Terakhir angkat dan tiris kan.
Nah itulah sobat cara atau proses untuk membuat kue burayot yang enak dan lezat. Jangan lupa yah setelah mencoba pembuatannya bagikan kuenya kepada tetangga. Minta respon juga dari mereka hhe.  

Sedikit informasi, jika Anda ingin membeli kue burayot yang sudah di cup atau di kemas. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh terbesar dan terlengkap di kota Garut Sumber Rejeki III. 

No comments:

Post a Comment

Blog Update

Hubungi Kami