Jajanan Garut Yang Mungkin Belum Kamu Coba

Haii, haii, haaiii ! Apa kabarnya nih ? Saya doakan semoga kalian selalu sehat wal'afiat. Amiiin ... Sobat saya admin dari Toko Oleh - Oleh Garut kali ini akan sampaikan salah satu informasi yang cukup menarik nih buat kalian tahu. Kali ini saya akan share tentang beberapa jajanan Garut yang mungkin belum pernah kalian coba. 

Jajanan Garut Yang Mungkin Belum Kamu Coba


Mungkin selama ini Anda hanya mengenal Dodol Garut, Chocodot dan juga Dorokdok sebagai makanan yang mesti di beli saat berkunjung ke Garut. Tapi kali ini saya akan ajak Anda untuk memilih jajanan lain yang tentunya tak kalah enak dari makanan-makanan diatas. 

Terdengar dari namanya mungkin agak aneh-aneh beberapa namun rasanya tak seaneh namanya hhee. Pasti kalian penasaran bukan, apa saja sih jajanan Garut tersebut, dimana harus membelinya dan berapa harganya ? 

Semua pertanyaan diatas akan saya ulas di artikel kali ini. Sebelumnya semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca semua. Jika dirasa artikel ini bermanfaat dimohon untuk di share ke teman-teman kalian informasinya. OKE !

1. Tareng & Tekwan

Yang pertama saya mulai dari salah satu makanan yang paling saya suka nih. Tareng dan juga Tekwan. Bercerita sedikit mengenai pengalaman saya waktu mengenal jajanan yang satu ini. 

Sebenarnya awal saya mengenal jajanan garut ini adalah dari istri saya. Waktu itu tuh, waktu masih pacaran, dia ngajak saya jalan-jalan untuk beli Tareng & Tekwan. Awalnya sih saya juga berasa aneh, makanan apa sih itu tapi pass dicoba ehh ternyata rasanya enak. Kebetulan saya sangat suka dengan jajanan yang gurih dan juga pedas. Ternyata makanan yang satu ini sangat cocok banget dengan lidah saya. 

jajanan garut


Dari situ saya mulai ketagihan dengan jajanan ini, hingga hampir tiap hari mungkin dulu saya beli jajanan ini. Mau ujan, mau enggak ehh tetep aja saya selalu beli tuh. Padahal harus kalian tahu bahwa posisi rumah saya cukup jauh dengan pedagang tekwan yang satu ini. 

Sebenarnya sih ada yang deket posisi pedagang tekwan dan tareng ini dengan rumah saya. Tapi tak tahu kenapa rasanya benar-benar beda. Jadi saya anggap bahwa yang dijual di dekat rumah saya itu " Tetekwanan " kalo dalam bahasa sunda mah hhee. 

Nah yang paling enak makanan ini posisinya berada di Jajaran Pemda Garut. Kalo lebih tepatnya sih di jalan patriot. Pokoknya di depan kantor PEMDA aja, pasti bakal ketemu kok. Pedagangnya sih masih menggunakan roda cuman kalian tahu gak, bahwa omsetnya dalam berjualan tekwan dan tareng ini tiap harinya bisa sampai 500 ribu hingga 1 juta. Amazing bukan !

Bagaimana tidak tiap hari yang mmebeli jajanan ini banyak banget. Jadi gak aneh sih omsetnya bisa sampai segitu. Soal harga terbilang murahlah, untuk harga  sebenarnya sih gak tahu, cuman saya biasa beli Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-. / Plastik kecil, lumayan banyak kok, cukup untuk mengganjel perut. 

Pokoknya jajanan yang satu ini harus kalian coba ! Jika bingung belinya dimana, kalian juga bisa minta bantuan saya di no. Whatsapp. 089661436415. Nanti bisa tanyakan ke saya posisi tepatnya dimana sih. 

2. Tutut Sawah

Jajanan yang satu ini sama juga sih saya sangat menyukainya. Bagaimana tidak, makanan ini mengingatkan saya akan masa kecil saya dikampung. Dulu saya saring sekali berkeliling sawah atau kolam untuk mencari tutut untuk nantinya dimakan. 

Kalo yang belum pernah coba sih pasti bakalan aneh dan juga jijik mungkin. Tapi bagi yang pernah coba saya yakin " Bakal Dedeuieun " Kalo dalam bahasa sunda. Artinya Anda bakalan ketagihan, mengingat rasanya yang enak. 

Jajanan Garut


Anda tahu gak caranya makannya gimana ? Yaitu dengan cara di Kecrok atau dengan cara dikeluarkan daging dalamnya menggunakan peniti atau jarum. Memang aneh kata saya juga tadi, cuman rasanya enak kok, gak seperti yang di bayangkan. Kalo gak percaya Anda bisa coba sendiri beli. 

Untuk pembeliannya sih sebenarnya tutut ini agak susah dicari, mengingat sekarang jarang ada yang jual. Tapi kalo Anda pergi kepasar atau ke " Pameran " Anda pasti bakal menemukan pedagangnya. harganya murah kok hanya Rp. 5.000,- juga undah ke hitung banyak sobat. Cukuplah buat mengganjal perut yang lapet. 

Ohh iyah, kamu tahu gak bahwa tutut ini banyak manfaat dan gizinya. Tapi benar apa tidaknya saya juga gak tahu sih, cuman kalo menurut orang tua jaman dulu makanan ini bisa membuat seseorang menjadi pinter :). 

3. Belut 

Sobat kamu pernah gak sih makan belut ? Kalo belum kamu harus mencobanya. Hewan yang habitatnya disawah dan di kolam ikan ini sangat nikmat lho rasanya. Itu menurut orang yang suka sih, bagi yang gak suka mah gak tahu hhee. 

Sepintas rupanya belut ini mirip dengan ular kecil namun Anda harus tahu yah, bahwa belut ini bukan bagian dari ular. Anda bisa mencarinya di sawah dengan cara di pancing atau di " Urek " kalo kata orang sunda. 

Jajanan Garut
Jajanan Garut

Saya juga dulu waktu kecil sering ngurek di ladang sawah belakang rumah saya :). Dan dulu sih saya jago nangkep belut ini. Misalkan saya berangkat dari rumah untuk ngurek jam 08.00 WIB pulang pukul 12.00 WIB. Sering nangkep belut hingga 10 - 15 ekor. Dan nantinya belut ini saya makan sendiri lho, karena biasanya orang di rumah gak ada yang suka. 

Belut ini juga sering digunakan untuk untuk permainan di 17 agustusan, yaitu hari kemerdekaan RI. 

Itulah sedikit informasi mengenai Jajanan Garut yang mungkin belum pernah coba. Sebenarnya masih banyak jajanan yang lainya, semua itu akan saya bahas di artikel selanjutnya yah sobat. 

No comments:

Post a Comment

Blog Update