Contact Person Pemesanan Paket Oleh-oleh Khas Garut

Mpie Supriatna 082316518671 PIN BB : 5C871BA0 email : sumberrezekigarut@gmail.com

Dodol Ikon Garut

Apa yang harus anda jadikan oleh-oleh atau buah tangan jika berkunjung ke sebuah kota? Jawabannya bisa bermacam-macam. Anda yang menyenangi kerajinan khas Nusantara, pasti akan berburu aneka ragam barang kerajinan khas dari berbagai daerah. Sementara bagi yang hobi mengoleksi kain tenun, Indonesia adalah surganya. Sedangkan bagi mereka yang senang dengan ragam kuliner, oleh-oleh bisa berupa jajanan atau makanan yang menjadi ikon sebuah kota / daerah.

Hari ini saya bersama teman-teman #Sumberrejeki3 dari kota Garut, Jawa Barat. Sebuah kota yang ramah, dengan lansekap pemandangan nan cantik.

Asal tahu saja Indonesia kaya akan ragam oleh-oleh khas daerah. Sedikit menyebut misalnya, dari Aceh ada Kopi Gayo yang kondang ke seantero dunia. Medan punya bolu Meranti, Batam punya keik pisang, hingga Bali yang punya andalan pada Pie Susu.

Semua jenis cemilan atau jananan khas selain digemari karena rasa, juga karena memiliki nilai nostalgia bagi penikmatnya. Ada sensasi masa lalu yang mencuat dari asam, manis, gurih aneka jajanan yang dikonsumsi.


Dodol Ikon Garut

Oleh-oleh yang menjadi ikon kuliner kota garut  Saat kecil saya mengenal ikon oleh-oleh khas Garut hanya buah jeruk Garut atau dodol Garut. Kedua jenis oleh-oleh ini mudah didapat bahkan tidak saja di kota Garut. Saya yang sempat menetap di kota Bandung misalnya bisa dengan mudah mendapatkan Dodol Garut.

Kendati banyak merk dodol yang beredar di pasaran, saya masih ingat ada satu merk dodol paling memorable yakni Dodol Garut Picnic. Merk ini begitu melekat di benak orang karena mudah didapat di pusat-pusat keramaian seperti terminal, kawasan wisata atau stasiun kereta api.

Uniknya, hingga puluhan tahun kemudian merk dodol tersebut tetap eksis hingga kini.

Fakta tersebut menunjukkan dodol bukan saja oleh-oleh semusim namun sudah menjadi sebuah ikon budaya, sebuah penanda masyarakat. Garut seperti lekat pada dodol. Dan Dodol  adalah Garut.

Setelah berhasil melintasi waktu apakah pamor dodol Garut pudar?

Jika anda mengunjungi Garut saat ini ternyata  pandangan itu salah besar. Dodol masih menjadi ikon kota ini dan belum ada tanda-tanda bakal pudar. Dodol memang berbeda dari oleh-oleh lain yang sifatnya musiman, hanya disuka dan diburu orang pada waktu tertentu. Biasanya oleh-oleh jenis ini segera dilupakan setelah ada oleh-oleh jenis baru yang kemudian menjadi tren di pasar.

Dodol masih cukup digdaya, bahkan kini Garut punya kegairahan baru memaknai penganan bernama Dodol yang rasanya manis itu. Pemaknaan atau tepatnya cara baru menikmati dodol adalah memadukan penganan lokal dodol dengan penganan cokelat yang diberi nama Chocodot. Nama ini adalah perpaduan cokelat dan dodol garut.

Di pusat oleh-oleh di pusat kota Garut kegairahan pada Chocodot sangat terasa. Semua toko oleh-oleh menjual produk ini termasuk di #Sumberrejeki3 dan seperti 'berkonspirasi' menjadikan Chocodot sebagai primadona oleh-oleh baru dari kota Garut.

Chocodot adalah sebuah kreativitas, olahan dan pemaknaan baru terhadap dodol yang bisa jadi mewakili sebuah kultur tertentu masyarakat. Dengan mengusung bentuk baru, dodol dalam chocodot coba diluaskan penggemarnya. Masuk ke dalam ruang rasa yang lebih luas, tidak hanya pada mereka yang punya masa lalu, tapi juga mereka yang gandrung pada kekinian.








Share on Google Plus

About SBR Garut

SBR 3 Bukan Sekadar Toko Online akan Tetapi Real Toko Offlinenya Ada dan tersebar di beberapa tempat Strategis di Kota Garut dan merupakan Sentra Oleh-oleh Garut yang Terluas, Terlengkap dan Ternyaman.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment