ANGKLUNG DI SUMBER REJEKI 3


Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.


Anak-anak Jawa Barat bermain angklung di awal abad ke-20.


Tidak ada petunjuk sejak kapan angklung digunakan, tetapi diduga bentuk primitifnya telah digunakan dalam kultur Neolitikum yang berkembang di Nusantara sampai awal penanggalan modern, sehingga angklung merupakan bagian dari relik pra-Hinduisme dalam kebudayaan Nusantara.

Angklung. Ini merupakan alat musik yang sudah terkenal sampai ke mancanegara sebagai salah satu alat musik yang dapat mengeluarkan musik khas. Diciptakan di tanah Pasundan, dan kita bisa menyaksikan pertunjukkan angklung yang fenomedal di Saung angklung Mang Udjo, Bandung.

Dari tahun ke tahun makin berkembang alat musik tradisional ini pun semakin di gemari para remaja indonesia terutama anak-anak muda asli priangan yang di kombinasikan dengan musik moderen dan nada nya yang sangat multitonal

Tapi bagi anda yang ingin mencoba mempelajari angklung dan ingin mendapatkan alat tradisional ini,  kini anda bisa mendapatkan nya dengan mudah dengan mendatangi toko-toko kerajinan khas priangan, seperti hal nya di toko Oeh-Oleh Sumber Rejeki Garut yang menyediakan Macam-Macam Oleh-oleh khas garut dan kerajinan garut sampai Priangan

No comments:

Post a Comment

Blog Update